Konsep Belajar dan
Prinsip-prinsip Belajar Anak
Belajar adalah
proses perubahan perilaku berdasarkan pengalaman dan latihan. Prinsip-prinsip
belajar merupakan suatu ketentuan yang harus dilakukan anak ketika ia belajar.
Anak adalah
pebelajar aktif. Ketika bergerak anak mencari stimulasi yang dapat meningkatkan
kesempatan untuk belajar. Anak menggunakan seluruh tubuhnya sebagai alat untuk
belajar. Anak secara energik mencari cara untuk menghasilkan potensi maksimum.
Belajar anak
dipengaruhi kematangan. Guru harus memahami bagaimana kematangan anak dapat
dicapai dan apa yang perlu dilakukan untuk memfasilitasi matangan tersebut.
Belajar anak
dipengaruhi oleh lingkungan. Tidak hanya lingkungan fisik tetapi juga
lingkungan belajar.
Anak belajar melalui
kombinasi lingkungan fisik, sosial dan refleksi. Dengan pengalaman tersebut
anak memperoleh pengetahuannya. Tugas guru bagaimana menyediakan lingkungan
yang memungkinkan anak memperoleh pengalaman fisik, sosial dan mampu
merefleksikannya.
Anak belajar dengan
gaya yang berbeda. Ada yang tipe visual, tipe auditif dan tipe kinestetik.
Anak belajar melalui
bermain. Melalui bermain anak dapat memahami menciptakan memanipulasi
simbol-simbol dan mentransformasi objek-objek tersebut
Variabel Strategi
Pembelajaran
Tujuan.
Karakteristik tujuan perlu dipertimbangkan dalam memilih dan menggunakan
strategi pembelajran, apakah berkaitan dengan, pengembangan kognitif, bahasa,
sosial emosi, fisik, moral agama , motorik.
Tema, tema
pembelajaran di TK, meliputi 20 tema, masing-masing tema memiliki karakteristik
tersendiri. Dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran karakteristik
tema merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan.
Kegiatan. Kegiatan
perlu pula dipertimbangakan karena belajar di TK tidak hanya dilaksanakan di
dalam kelas tetapi juga ada kegiatan belajar di luar kelas.
Anak. Anak perlu
dipertimbangkan, karena anak memilki karakteristik dalam perkembangan dan
belajarnya anak itu unik dan memilki potensi untuk belajar.
Media dan Sumber
belajar. Media dan sumber belajar yang dipilih harus dapat mendukung
terlaksananya proses belajar yang efektif dan relevan dengan strategi
pembelajaran yang dipilih guru.
Guru-guru merupakan
faktor penentu dalam keberhasilan belajar anak. Kepiawaian guru dalam memilih
dan menggunakan strategi pembelajaran merupakan faktor yang sangat berpengaruh
terhadap keberhasilan belajar anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar