Rasional Strategi
Pembelajaran melalui Bercerita
Metode bercerita
merupakan salah satu metode yang banyak dipergunakan di Taman Kanak-kanak.
Metode bercerita merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat
memberikan pengalaman belajar bagi anak TK dengan membawakan cerita kepada anak
secara lisan. Cerita yang dibawakan guru harus menarik, dan mengundang
perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak TK.
Penggunaan bercerita
sebagai salah satu strategi pembelajaran di Taman Kanak-kanak haruslah
memperhatikan hal-hal berikut:
Ø Isi cerita harus terkait dengan dunia kehidupan anak TK.
Ø Kegiatan bercerita diusahakan dapat memberikan perasaan gembira,
lucu, dan mengasyikkan sesuai dengan dunia kehidupan anak yang penuh suka cita
Ø Kegiatan bercerita harus diusahakan menjadi pengalaman bagi anak TK
yang bersifat unik dan menarik.
Beberapa macam
teknik bercerita yang dapat dipergunakan antara lain guru dapat membaca
langsung dari buku, menggunakan ilustrasi dari buku gambar, menggunakan papan
flannel, menggunakan boneka, bermain peran dalam suatu cerita, atau bercerita
dengan menggunakan jari-jari tangan.
Bercerita sebaiknya
dilakukan dalam kelompok kecil untuk memudahkan guru mengontrol kegiatan yang
berlangsung sehingga akan berjalan lebih efektif. Selain itu tempat duduk pun
harus diatur sedemikian rupa, misalnya berbentuk lingkaran sehingga akan
terjalin komunikasi yang lebih efektif.
Prosedur Penerapan
Pembelajaran melalui Bercerita
Kegiatan bercerita
merupakan kegiatan yang memiliki manfaat besar bagi perkembangan anak serta
pencapaian tujuan pendidikan. Sebelum melaksanakan kegiatan bercerita guru
terlebih dahulu harus merancang kegiatan bercerita berupa langkah-langkah yang
harus ditempuh secara sistematis.
Langkah-langkah yang
harus ditempuh oleh guru adalah sebagai berikut:
Ø Menetapkan tujuan dan tema cerita.
Ø Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih.
Ø Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita.
Ø Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan bercerita.
Ø mengkomunikasikan tujuan dan tema cerita;
Ø mengatur tempat duduk;
Ø melaksanakan kegiatan pembukaan;
Ø mengembangkan cerita;
Ø menetapkan teknik bertutur;
Ø mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita.
Ø Menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita.
Penerapan Strategi
Pembelajaran melalui Bercerita
Penerapan strategi
pembelajaran melalui bercerita mengacu pada prosedur pembelajaran yang telah
dikembangkan sebelumnya, yaitu:
Ø Menetapkan tujuan dan tema cerita.
Ø Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih.
Ø Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita.
Ø Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan bercerita:
Ø mengkomunikasikan tujuan dan tema cerita;
Ø mengatur tempat duduk;
Ø melaksanakan kegiatan pembukaan;
Ø mengembangkan cerita;
Ø menetapkan teknik bertutur;
Ø mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita.
Ø Menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita.
Tujuan yang ingin
dicapai melalui kegiatan bercerita serta tema yang dipilih oleh guru menjadi
acuan dalam melaksanakan kegiatan lainnya. Guru memiliki kebebasan untuk
menentukan bentuk cerita yang dipilih, sepanjang bisa menggambarkan isi cerita
dengan baik. Bahan dan alat yang dipergunakan dalam kegiatan bercerita sangat
bergantung kepada bentuk cerita yang dipilih sebelumnya.
Pengaturan tempat
duduk, merupakan hal yang patut mendapat perhatian karena pengaturan yang baik
membuat anak merasa nyaman dan dapat mengikuti cerita di samping teknik
bercerita, dan teknik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar