Rasional
Pembelajaran yang Berpusat pada Anak
Anak pada hakikatnya
memiliki potensi untuk aktif dan berkembang. Pembelajaran yang berpusat pada
anak banyak diwarnai paham konstruktivis yang dimotori Piaget dan Vigotsky.
Anak adalah
pembangun aktif pengetahuannya sendiri. Mereka membangun pengetahuannya ketika
berinteraksi dengan objek, benda, lingkungan, baik lingkungan fisik maupun
lingkungan sosial.
Yang melandasi
pembelajaran yang berpusat pada anak adalah pendekatan perkembangan dan
pendekatan belajar aktif.
Belajar aktif
merupakan proses dimana anak usia dini mengeksplorasi lingkungan melalui
mengamati, meneliti, menyimak, menggerakkan badan mereka menyentuh, mencium,
meraba dan membuat sesuatu terjadi dengan objek-objek di sekitar mereka.
Pembelajaran yang
berpusat pada anak memiliki karakteristik sebagai berikut:
1) prakarsa kegiatan
tumbuh dari minat dan keinginan anak,
2) Anak-anak memilh
bahan dan memutuskan apa yang ingin ia kerjakan,
3) Anak
mengekspresikan bahan-bahan secara aktif dengan seluruh indranya,
4) Anak menemukan
sebab akibat melalui pengalaman langsung,
5) Anak
mentransformasikan dan menggabungkan bahan-bahan,
6) Anak menggunakan
otot kasarnya,
7) Anak menceritakan
pengalamannya.
Prosedur
Pembelajaran yang Berpusat pada Anak
Pembelajaran yang
berpusat pada anak harus direncanakan dan diupayakan dengan matang. Upaya yang
dilakukan adalah dengan merencanakan dan menyediakan bahan/peralatan yang dapat
mendukung perkembangan dan belajar anak secara komprehensif. Untuk itu perlu
disediakan area-area yang memungkinkan berbagai kegiatan sesuai pilihannya.
Area- area tersebut
meliputi:
Ø Area Pasir dan Air.
Ø Area Balok.
Ø Area Rumah dan Bermain Drama.
Ø Area Seni.
Ø Area Manipulatif.
Ø Area Membaca dan menulis.
Ø Area pertukangan atau kerja Kayu.
Ø Area musik dan gerak.
Ø Area komputer.
Ø Area bermain di luar ruangan.
Pelaksanaan
pembelajaran yang berpusat pada anak meliputi: tahap perencanaan, tahap bekerja
dan tahap melaporkan kembali.
Contoh Penerapan
Pembelajaran yang Berpusat pada Anak
Plan Do Review, merupakan salah
satu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak. Dalam pendekatan ini anak
diberi kesempatan untuk melakukan sesuai dengan minat dan keinginannya, mulai
dari membuat perencanaan, (Plan), mengerjakan (Do), dan melaporkan kembali
(Review).
Prosedur pelaksanaan
pembelajaran sebagai berikut:
Tahap merencanakan
(Planning Time).
Pada tahap ini anak
diberi kesempatan untuk membuat rencana dari kegiatan yang akan mereka lakukan
selanjutnya.
Tahap Bekerja (Work
Time).
Tahap ini adalah
tahap dimana anak bermain dan memecahkan masalah. Anak mentransformasikan
rencana ke dalam tindakan.
Tahap Review
(Recall).
Tahap ini merupakan
tahap memperlihatkan apa yang telah dilakukan anak pada tahap bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar