HAKIKAT PENDIDIKAN
DAN PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK
Pengertian
Pendidikan dan Komponen-komponen Pendidikan
Dalam arti luas
pendidikan adalah segala bentuk pengalaman belajar yang berlangsung dalam
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk mengembangkan kemampuan
seoptimal mungkin sejak lahir sampai akhir hayat. Dalam arti sempit, pendidikan
identik dengan persekolahan di mana pendidikan dilakukan dalam bentuk kegiatan
pembelajaran yang terprogram dan terencana secara formal. Pendidikan merupakan
suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang satu sama lain tidak
dapat dipisahkan dan saling berhubungan satu sama lain. Komponen-komponen tersebut
meliputi:
1) tujuan
pendidikan,
2) peserta didik,
3) pendidik,
4) kurikulum,
5) fasilitas
pendidikan, dan
6) interaksi
edukatif.
Para ahli pendidikan
anak berpendapat bahwa pendidikan TK merupakan pendidikan yang dapat membantu
menumbuhkembangkan anak dan pendidikan dapat membantu perkembangan anak secara
wajar. Pada hakikatnya pendidikan TK/usia dini adalah pemberian upaya untuk
menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan menyediakan kegiatan pembelajaran yang
akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Pendidikan anak usia
dini pada hakikatnya adalah upaya untuk memfasilitasi pertumbuhan dan
perkembangan anak.
Hakikat Pembelajaran
di Taman Kanak-kanak
Pada hakikatnya anak
itu unik, mengekspresikan perilakunya secara relatif spontan, bersifat aktif
dan energik, egosentris, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, antusias terhadap
banyak hal, bersifat eksploratif dan berjiwa petualang, kaya dengan fantasi,
mudah frustrasi, dan memiliki daya perhatian yang pendek. Masa anak merupakan
masa belajar yang potensial.
Kurikulum untuk anak
usia dini/TK harus benar-benar memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan tahap
perkembangan dan harus dirancang untuk membuat anak mengembangkan potensi
secara utuh. Baik Kurikulum TK 1994 maupun Kurikulum TK 2004 pada dasarnya sama
memuat aspek-aspek perkembangan yang dipadukan dalam bidang pengembangan yang
utuh yang mencakup bidang pengembangan perilaku melalui pembiasaan dan bidang
kemampuan dasar.
Pembelajaran anak
usia dini/TK pada hakikatnya adalah pembelajaran yang berorientasi bermain
(belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar), pembelajaran yang
berorientasi perkembangan yang lebih banyak memberi kesempatan kepada anak
untuk dapat belajar dengan cara-cara yang tepat. Pendekatan yang paling tepat
adalah pembelajaran yang berpusat pada anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar